Get me outta here!

Rabu, 11 September 2019

Berikut Tanda-tanda Melahirkan yang Harus Diperhatikan Menjelang Kelahiran Buah Hati Anda

Kelahiran merupakan proses yang ditunggu-tunggu oleh ibu hamil. Dimana ketika akan melahirkan sendiri ada beberapa tanda-tanda melahirkan yang bisa untuk diperhatikan. Sehingga Anda mengetahui tanda tersebut untuk melakukan langkah tepat yang harus dilakukan. Hal ini perlu diketahui oleh ibu hamil maupun pasangan. Terutama untuk ibu hamil yang akan merasakan tanda-tanda tersebut pada tubuhnya. Adapun beberapa tanda melahirkan yang akan dirasakan menjelang kelahiran adalah sebagai berikut ini:

Berikut Tanda-tanda Melahirkan yang Harus Diperhatikan Menjelang Kelahiran Buah Hati Anda

1. Merasakan kontraksi palsu
Tanda pertama yang ada ketika akan melalui proses melahirkan adalah merasakan kontraksi palsu. Hal ini disebut dengan braxton hicks yang nantinya ibu hamil yang akan melahirkan mengalami pengencangan perut. Kontraksi palsu ini akan terjadi tetapi tidak sekuat kontraksi asli ketika melahirkan. Adapun kontraksi palsu ini akan dirasakan dan berlangsung setidaknya hingga 2 menit atau yang paling sebentar adalah hanya setengah menit saja. Braxton hicks sendiri akan bisa hilang apabila ibu hamil pindah posisi atau sedang rileks. Sedangkan untuk kontraksi yang asli tidak akan berpengaruh walaupun sudah pindah posisi. Selain itu braxton hicks akan terasa di bagian perut dan panggul, sedangkan kontraksi sungguhan akan dirasakan di bawah punggung dan di bagian perut.

2. Air ketuban yang pecah
Tanda-tanda melahirkan selanjutnya adalah air ketuban yang pecah dan menjadi tanda melahirkan paling umum. Sehingga ibu hamil akan dapat untuk mengetahui hal ini dan ditambah dengan kontraksi, maka Anda akan dapat untuk merasakan tanda kelahiran yang sudah dekat. Apabila air ketuban pecah tetapi tidak mengalami kontraksi, maka sebaiknya dibawa segera ke rumah sakit. Karena air ketuban dibutuhkan untuk melancarkan proses kelahiran bayi. Selain itu juga air ketuban yang pecah akan membuat bayi lebih mudah untuk terserang infeksi. Oleh karena itulah apabila terjadi hal ini maka perlu segera untuk dilakukan induksi sehingga dapat untuk menjaga keselamatan bayi.

3. Sulit untuk tidur
Tanda selanjutnya yang paling umum adalah ibu hamil akan sulit untuk tidur. Ketika sudah dekat untuk melahirkan, ibu hamil akan mengalami sulit tidur. Hal ini dialami beberapa pekan dan juga jam sebelum proses melahirkan. Dimana hal tersebut disebabkan oleh bayi yang turun ke rongga panggul ibu hamil. Sehingga hal tersebut membuat rahim menekan kandung kemih dan membuat intensitas buang air kecil lebih tinggi dibandingkan biasanya. Hal tersebut tentunya akan membuat Anda sering buang air kecil dan mengganggu tidur.

4. Keluar lendir bercampur darah
Tanda selanjutnya ketika akan melahirkan adalah keluar lendir yang bercampur darah. Selama kehamilan, serviks ditutupi dengan lendir yang kental. Tetapi menjelang proses kelahiran, serviks akan membesar sehingga lendir juga akan keluar dari vagina ibu hamil. Warna dari cairan lendir tersebut adalah bening, merah muda, dan juga sedikit berdarah. Sehingga apabila muncul lendir dan darah dari vagina, hal tersebut merupakan salah satu dari tanda melahirkan sudah dekat.

5. Perubahan pada serviks
Dan tanda-tanda melahirkan yang terakhir dan harus diperhatikan adalah adanya perubahan yang terjadi pada serviks. Jaringan serviks akan menjadi lebih lunak dan lebih elastis. Terutama bagi yang pernah melahirkan maka serviks akan menjadi lebih terbuka dari satu hingga dua sentimeter sebelum persalinan. Sedangkan untuk yang baru pertama kali akan melahirkan, pembukaan serviks tersebut dari 1 cm dan tidak menjamin akan lebih cepat untuk melalui proses melahirkan.