Get me outta here!

Selasa, 10 September 2019

Apa Saja Jenis Pinjaman Dana ?

Pernah mengajukan pinjaman dana tunai sebagai solusi untuk kebutuhan mendesak. Namun, ada sebagian yang memilih menabung daripada harus berhutang. Hanya saja saat ini banyak sekali keperluan yang membutuhkan dana cepat, terutama kebutuhan yang mendesak, misalnya untuk bisnis, biaya rumah sakit dan masih banyak lagi.

Anda bisa saja mengajukan pinjaman dana tunai dari beberapa bank dengan bunga yang cukup tinggi, namun saat ini sudah banyak sekali perusahaan di bidang layanan keuangan yang memberikan solusi pinjaman dana tunai dan modal usaha dengan proses yang cenderung lebih mudah dari bank.

Ada beberapa alasan mengapa anda bisa mengandalkan pinjaman yang dapat anda ajukan. Beberapa jenis pinjaman memerlukan aset untuk diagunkan, ada yang memang tidak membutuhkan aset untuk diagunkan. Seperti KTA dan pinjaman berbasis online. Dua jenis pinjaman yang hanya memerlukan identitas diri untuk mengajukan pinjaman, tanpa perlu aset untuk diagunkan.

Apa Saja Jenis Pinjaman Dana ?

Beberapa jenis pinjaman yang biasa digunakan antara lain :

Pinjaman Dana untuk Usaha
Hampir tidak ada bisnis yang tidak membutuhkan modal atau dana, bahkan bisnis UKM saja yang tampaknya bermodal minim tetap perlu modal tambahan. Untuk anda yang menjalankan sebuah usaha dan ingin mengembangkan usaha anda, pinjaman ini bisa menjadi solusi untuk anda. Ada 2 jenis pinjaman dana untuk usaha.

-          Kredit Usaha Rakyat (KUR)
KUR adalah produk pembiayaan yang membantu untuk para pelaku usaha kecil menengah. Untuk mengajukan kredit ini, anda harus menyertakan surat izin usaha perdagangan (SIUP)
Produk pinjaman ini adalah salah satu program dari pemerintah untuk memajukan usaha kecil menengah, membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan ekonomi rakyat.

-          Kredit Ultra Mikro (UMi)
Plafond maksimal untuk jenis pinjaman ini adalah 10 juta dengan tenor maksimal 48 bulan atau 2 tahun. Produk ini adalah produk yang diluncurkan oleh PT Pegadaian dan PT Penanaman Modal Madani.

PInjaman Dana Tanpa Agunan
Pinjaman dana tunai jenis ini biasa disebut Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang merupakan pinjaman yang diberikan pihak bank kepada nasabahnya dalam waktu cepat dan tidak perlu menjaminkan dokumen atau surat penting yang nasabah miliki.

Pinjaman jenis ini paling banyak diminati karena preosesnya yang mudah dan tidak harus menjaminkan dokumen atau surat penting. Pinjaman jenis ini juga biasanya memiliki syarat antara lain nominal pinjamannya tidak terlalu besar, berebda dengan jenis pinjaman dana tunai dengan agunan.

Pinjaman Dana dengan Agunan
Biasanya agunan yang diberikan antara lain BPKB kendaraan, surat atau aset berharga dan lain-lain. Selain bank, ada beberapa lembaga yang melakukan pinjaman dana dengan agunan. Lembaga non keuangan seperti leasing dan pegadaian juga menerima pinjaman dana dengan agunan.

Plafond untuk jenis pinjaman ini lebih besar dari pada pinjaman dana tanpa agunan. Selain plafondnya lebih besar, proses pencairannya pun cenderung lebih rumit daripada jenis pinjaman tanpa agunan. Hal ini dikarenakan pihak pemberi pinjaman harus melakukan appraisal atau penilaian pada asset yang anda jaminkan.

Jika anda berniat mengajukan pinjaman ke lembaga tersebut, anda biasanya diminta untuk meminjamkan salah satu asset seperti BPKB kendaraan bermotor atau surat tanah yang anda miliki.